PHP Dasar

Permisi Disini sini saya akan membahas mengenai PHP Dasar yang harus di miliki seorang Programmer yang handal. PHP Dasar ini merupakan hal yang penting, dikarenakan bagian ini merupakan pondasi utama bagi seorang Programmer. Jadi, anda harus lebih memahami pembahasan ini.
1.         Membuat “Hello PHP”
Script pertama kita kali ini adalah membuat kata “Hello PHP” di browser menggunakan PHP Dasar.  Disini Anda juga bisa menggunakan kata atau kalimat lainnya, tergantung selera Anda.
Disini kita akan menggunakan perintah Echo yang berfungsi sebagai perintah untuk menampilkan sebuah string atau kalimat. Selain Echo, kita juga bisa menggunakan perintah Print yang memiliki fungsi yang sama dengan Echo.
Baiklah, mari kita coba script pertama yaitu menampilkan kata “Hello PHP”. Gunakan text editor yang anda sukai dan server sesuai selera anda. Disini saya menggunakan Notepad++. Lalu buat file baru dan beri nama Latihan1.php :


Setelah anda copy script diatas, buka browser anda untuk menjalankan script anda tadi, lalu lihat hasilnya.
2.         Mengenal Variabel di PHP
Mungkin ini tidak salah lagi bagi anda, dari beberapa bahasa pemograman yang saya pelajari semuanya menggunakan variabel. Tapi bagi anda yang belum tahu variabel itu apa, variabel adalah suatu tempat atau wadah yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai itu nantinya akan berubah-ubah sesuai dengan minat dan selera oleh user.
Berikut adalah cara penulisan variabel di PHP :
·           Selalu diawali dengan simbol dollar ($)
·           Karakter yang pertama tidak boleh menggunakan huruf atau garis bawah (_) dan tidak boleh menggunakan karakter angka setelah simbol dollar ($)
·           Setelah menggunakan huruf, baru anda dapat menggunakan angka.
Contoh : $php1
Disini saya akan memberikan contoh dalam penggunaan variabel di PHP.


Maaf Jika banyak yang kurang :D.


PHP Dasar




PHP Dasar


1 Response to "PHP Dasar"

  1. Bleeh mnta yg lbih lengkap gan , ane pgen blajar PHP

    ReplyDelete