Tutorial Javascript Lengkap - Pendahuluan

Pengenalan (Link)
Pendahuluan
Javascript merupakan bahasa yang dibentuk oleh sekumpulan script (koding) yang memiliki fungsi yaitu dapat berjalan pada suatu file HTML. Dalam dunia internet Javascriptini adalah bahasa program pertama kali dalam sebuah website. Javascript adalah bahasa pemograman yang dapat memberikan kemampuan tambahan kepada bahasa program HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah-perintah yang ada pada sisi user, yang artinya dapat berjalan disisi browser bukan di sisi server website.
Javascript ini memiliki ketergantungan dengan  browser yang memanggil halaman website yang berisikan script-script  dari javascript dan juga dapat terselip di dalam dokumen HTML tentunya. Dan javascript ini tidak membutuhkan penerjemah khusus untuk menjalankannya, dikarenakan penerjemah javascript sudah ada didalam browser tersebut. Beda lagi dengan bahasa program Java yang membutuhkan penerjemah.
Javascript telah diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1995. Yang pada dahulunya bahasa program ini dinamakan “LiveScript” yang memiliki fungsi sebagai bahasa program yang sederhana bagi browser Netscape Navigator 2. Pada zamannya, bahasa program ini banyak mendapatkan kritikan yang disebabkan pengembangannya yang terlalu terburu-buru sehingga kurang aman digunakan dan juga tidak memiliki pesan kesalahan yang ditampilkan ketika kita membuat sebuah kesalahan pada saat menyusun sebuah program. Lalu Netscape dan Sun bekerja sama sehingga bahasa program ini telah berkembang menjadi Java. Pada tanggal 4 Desember 1995, Netscape memberikan nama untuk bahasa program ini yaitu Javascript. Dan pada saat yang bersamaa pula Microsoftmencoba untuk menyesuaikan bahasa program ini yang mereka juluki dengan “Jscript” pada browser Internet Explorer 3.
Syarat Pada Javascript
Bagi Anda yang ingin menguasai Javascript ini, ada 2 hal yang harus Anda perlukan yaitu :
·         Teks Editor
Berfungsi untuk mengetik atau menuliskan script-script JavaScript, contoh : Notepad, Notepad++, Adobe dreamweaver dan lain-lain.
·         Browser
Berfungsi untuk menjalankan halaman yang menggunakan bahasa progaram Javascript, contoh : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome dan lain-lain.
Cara Penulisan Javascript
Javascript dapat dituliskan pada dokumen HTML. Di Javascript ada 2 cara penulisan script-script Javascriptsupaya dapat dijalankan dihalaman HTML yaitu :
·         Javascript dapat dijalankan dalam satu file
Untuk melakukan penulisan ini, Anda harus menggunakan sebuah perintah yaitu <script language = “JavaScript”> Disini Script Javascriptnya </script>. Perintah ini pada umumnya diletakkan diantara script <body> ... </body>.
Contoh :
<html>
<head>
<title>Judul Website Anda</title>
</head>
<body>
<script language = "JavaScript">
Letakkan disini Kode Javascript Anda
</script>
</body>
</html>

 
·        Javascript yang dapat dijalankan dengan file yang terpisah
Script Javascript ini dapat kita jalankan dengan cara terpisah, artinya tidak satu dokumen lagi dengan HTML. Yang bertujuan untuk mempersingkatscript HTMLnya. Perintah yang digunakan yaitu :
<script src = ”namafile.js”></script>
Diantara perintah <script src = ”namafile.js”> dan </script> ini, tidak dibutuhkan lagi script Javascript dikarenakan telah dibuat file yang terpisah. Jadi, kita hanya memanggil file tersebut dengan format .js
Aplikasi Pertama Javascript
Pada aplikasi ini, kita akan membuat sebuah program yang menggunakan Javascript. Disini, kita akan mencoba menampilkan kata “Belajar Javascript”dengan menggunakan Javascript.
<html>
<head>
<title>Judul Website Anda</title>
</head>
<body>
<script language = "JavaScript">
<!--
document.write ("Belajar Javascript");
//-->
</script>
</body>
</html>

Tutorial Javascript Lengkap - Pendahuluan
Hasil Aplikasi Pertama

<html>
<head>
<title>Judul Website Anda</title>
</head>
<body bgcolor="violet">
<script language = "JavaScript">
<!--
document.writeln ("<pre>");
document.write ("<b><font size=6>");
document.writeln ("Mari Belajar Javascript");
document.write ("</b></font>");
//-->
</script>
</body>
</html>

Tutorial Javascript Lengkap - Pendahuluan
Hasil Aplikasi Kedua


Tutorial Javascript Lengkap - Pendahuluan




Tutorial Javascript Lengkap - Pendahuluan


0 Response to "Tutorial Javascript Lengkap - Pendahuluan"

Post a Comment